You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Lahan Tidur di Buperta Cibubur Digarap Jadi Urban Farming
.
photo Nurito - Beritajakarta.id

Lahan Tidur di Buperta Cibubur Digarap Jadi Urban Farming

Lahan tidur seluas 1.500 meter persegi  di kawasan Buperta Cibubur, Pondok Ranggon, Cipayung, Jakarta Timur, sejak pekan lalu digarap untuk dijadikan area urban farming.  

Saat ini lahan masih banyak ditumbuhi tanaman liar

Camat Cipayung, Panangaran Ritonga mengatakan, penggarapan lahan tidur ini melibatkan 30 personel gabungan PPSU Kelurahan Pondok Ranggon dan Munjul dibantu dari komunitas Kelompok Petani Pinggir Buperta (KPPB) Cibubur. Targetnya pada awal Februari mendatang lahan yang saat ini masih semak belukar sudah bisa ditanami sejumlah tanaman produktif.

"Saat ini lahan masih banyak ditumbuhi tanaman liar. Seperti rumput, ilalang, pohon ceri, petai Cina dan sejumlah tanaman liar lainnya," ujar Ritonga, Rabu (10/1).

Pastikan Ketersediaan Pangan dan Stabilitas Harga, Pj. Gubernur Heru Lakukan Panen Bersama hingga Luncurkan Pangan Murah

Jika tanaman liar sudah dibersihkan, ungkap Ritonga,lahan akan dibajak menggunakan mesin pembajak untuk digemburkan secara bertahap. Agar lahan yang masih keras ini ke depannya bisa ditanami sejumlah tanaman sayur-mayur dan tanaman produktif.

Dilanjtukan Ritonga, pada tahap awal nanti lahan akan ditanami kacang tanah dan singkong. Kemudian, di sisi pinggir lahan akan ditanami pohon Pepaya California.

"Jika sudah dipanen, kami akan beralih menanam beraneka macam sayur seperti Kangkung, Pakcoy, Bayam, Terung, Cabai dan lainnya," ujar Ritonga.

Lurah Pondok Ranggon, Jenuri menambahkan, banyaknya tanaman liar dan pohon besar di lahan ini menjadi kendala bagi petugas di lapangan, karena mereka harus menebang pohon dan meratakannya dengan tanah.

"Petugas juga terganggu dengan adanya sarang tawon berukuran sekitar 50 sentimeter pada pohon di lahan tersebut," ucapnya, seraya menambahkan akan minta bantuan Sudin Gulkarmat untuk mengevakuasi sarang tawon tersebut

"Kami targetkan awal Februari nanti, lahan ini sudah bisa ditanami sayuran dan pohon produktif," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Salip Jatim, Jakarta Pimpin Perolehan Medali Emas PON XXI

    access_time14-09-2024 remove_red_eye1219 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Klasemen Sementara PON XXI, Jakarta Terus Bayangi Jawa Timur

    access_time13-09-2024 remove_red_eye1106 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Warga Serbu Pasar Murah di Kelurahan Dukuh

    access_time18-09-2024 remove_red_eye1045 personNurito
  4. Ini Penerima DTKJ Award 2024

    access_time19-09-2024 remove_red_eye870 personTiyo Surya Sakti
  5. Heru Harap Transportasi Publik Jakarta Terintegrasi Menyeluruh

    access_time17-09-2024 remove_red_eye783 personBudhi Firmansyah Surapati